Misa New Normal Perdana di Paroki Ciputat

Sejak pandemi Covid-19 berlangsung Keuskupan Agung Jakarta menetapkan kebijakan agar misa tatap muka digantikan dengan misa online melalui media streaming yang disediakan Paroki atau KAJ  untuk mengeliminasi penyebaran wabah virus.

Setelah lama tidak menyelenggarakan misa tatap muka, Paroki Ciputat akhirnya mendapat kesempatan menyelenggarakan misa tatap muka pada tanggal 6 September 2020 setelah mendapat persetujuan pihak KAJ.

Misa pertama kali diberikan kesempatan bagi umat dari Wilayah I dan melalui tahapan protokol kesehatan yang sangat ketat, dimulai dari pendaftaran dengan persyaratan yang telah ditetapkan melalui website belarasa. Jumlah umat hadir dibatasi hanya 20 % dari jumlah bangku yang tersedia.

Umat yang sudah mendaftar dan memenuhi persyaratan diperbolehkan hadir pada perayaan Misa. Dalam pelaksanaannya Tim Gugus Covid telah membuat protap bagi umat untuk mengikuti prosedur kedatangan dan saat misa usai.

Setiap umat yang akan mengikuti Misa diwajibkan memakai masker, cek suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan Panitia.

Saat sudah masuk ke dalam gedung Gereja, umat juga menaruh uang kolekte ditempat yang sudah tersedia, kemudian umat tidak bersalaman saat salam damai, juga saat komuni umat tidak boleh menerima hosti dengan menggunakan mulut. Misa tatap muka kali ini dipimpin oleh Romo Patrick Slamet Widodo, Pr, dan misa berjalan dengan lancar. Diharapkan Paroki Ciputat St. Nikodemus nantinya bisa terus menyelenggarakan misa secara tatap muka, dan umat wajib menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah dan juga dari Keuskupan Agung Jakarta.

(Helena Brilianty)