Cuaca di Minggu pagi menyambut perayaan natal, tanggal 12 Januari 2020 sungguh cerah, jauh dari prediksi cuaca buruk (Weather Alert) yang dikeluarkan oleh Kedutaan Amerika Serikat. Umat St. Gerardus, Paroki Nikodemus, merayakan Natal dan Tahun Baru sudah sejak awal tahun 1980an. Tema Natal tahun 2019 yaitu “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang”. Tema ini merupakan kesepakatan  antara Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). 

Perayaan Natal meriah ini diawali dengan doa syukur dan dilanjutkan dengan berbagai acara yang menarik, seperti menyanyi, baca puisi, menari, ice breaking, door prize, dan aksi santa claus. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua hadir dalam acara natal dan tahun baru bersama. Acara internal dihadiri oleh sekitar 110 umat Kristiani St. Gerardus, umat Protestan, dan perwakilan dari wilayah 4 yaitu: St. Krisantus dan Daria, St. Petrus Kanisius, St. Yakobus, dan Bunda Hati Kudus. 

Selanjutnya dalam cara ramah tamah, setidaknya 13 orang warga non Kristiani juga turut hadir. Kepala Rukun Tetangga (RT) memberikan sambutan dalam acara ini. Beliau berpesan agar tradisi ini dipertahankan sebagai ruang untuk perjumpaan warga dan membangun persahabatan. Dalam sambutannya, Romo Reynaldo Antoni Haryanto, juga mengajak umat semua, untuk memupuk persahabatan khususnya kepada saudara kita yang berbeda, termasuk menjaga lingkungan dengan meminimalkan penggunaan bahan plastik.

Hampir empat jam acara ini berjalan. Umat dan warga sekitar tetap bersemangat untuk mengikuti acara sambil menyantap aneka makanan yang lezat, dan es buah yang menyegarkan. Tingkah anak-anak yang lucu, aktif, dan ceria, membuat acara ini semakin berkesan. Semoga berkat Allah selalu melimpah dan kita semakin mengasihi tidak hanya saudara yang seiman dengan kita, namun juga terhadap mereka yang berbeda dengan kita.  Selamat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Salam Damai dari umat St. Gerardus. 

(Maxensius Sambodo)