Korban pandemi covid-19 mulai bertambah terutama warga wilayah Jabodetabek, kebijakan social distancing diberlakukan di tiap daerah untuk mengeliminasi penyebaran yang lebih banyak. Kondisi ini berdampak pada sektor ekonomi yang mulai dirasakan di setiap keluarga terutama mereka yang mendapat penghasilan dari kerja harian.

PSE Paroki Ciputat didukung dengan Romo Paroki menginisiasi dibentuknya Posko Covid-19 sebagai wadah untuk menyalurkan aksi berbelarasa kepada mereka yang membutuhkan. Tim mulai menerima sumbangan dari warga lingkungan Paroki Ciputat.

Selasa, 24/03/2020 aksi perdana mulai bergerak, Tim PSE dibantu relawan menyiapkan 235 paket sembako yang sedianya dibagikan ke warga lingkungan dari umat prasejahtera. Aksi ini direncanakan akan berjalan selama 3 bulan berturut-turut. Paket sembako yang disediakan berupa: beras, minyak, gula dan akan ditambahkan vitamin dan masker.

Semua aktivitas ini dilakukan di Rumah PSE di eks pasturan Paroki Ciputat St Nikodemus. Dalam pelaksanaannya team PSE melibatkan para Korwil untuk membantu pendistribusian agar sedikit orang yang terlibat dan tetap menjaga physical distancing dalam pelaksanaannya.

Pembagian sembako ditujukan hanya untuk mereka yang lebih memerlukan, beberapa kriteria siapa umat yang perlu dibantu yaitu mereka yang berkekurangan dari aspek ekonomi dan tentu melibatkan peran Kaling dalam menginventarisir umat lingkungannya sehingga program bantuan akan lebih tepat sasaran.

(Komsos)