Pada tanggal 10 April 2020,  seluruh Umat Kristen di dunia merayakan Jum’at Agung, dimana kita mengenangkan kisah sengsara dan wafat Yesus Kristus. Karena seluruh dunia sedang berjuang untuk melawan virus Covid 19 atau Corona termasuk Indonesia, maka ibadah Jum’at Agung diselenggarakan secara streaming, yaitu umat merayakan misa di rumah lewat chanel Youtube atau lewat televisi. Paroki Nikodemus sendiri menyelenggarakan ibadah Jum’at Agung lewat chanel Youtube Komsos Paroki Nikodemus Ciputat.

Ibadah diadakan pada pukul 14.00 WIB dan ibadah dipimpin oleh Romo Reynaldo Antoni, Pr. Ibadah Jum’at Agung di tahun kali ini berbeda dengan misa Jum’at Agung tahun sebelumnya, karena tradisi mencium salib yang biasanya ada dalam ibadah Jum’at Agung ditiadakan dan di ganti dengan Menghormati Salib.

Dalam khotbahnya, Romo Aldo mengatakan bahwa Allah berkarya lewat Yesus karena Allah tidak ingin meninggalkan umatNya berjalan sendiri. Lewat Yesus , Allah ingin membebaskan umatNya dari segala dosa dosa, dan Allah ingin umatNya menjadi lebih baik. Romo Aldo juga mengatakan bahwa lewat Bunda Maria, Yesus telah menyatukan kita semua sebagai murid muridNya.

(Helena Brilianty)