Pada tanggal Kamis 9 April 2020, Umat Katolik merayakan Kamis Putih, dimana Yesus melakukan perjamuan untuk yang terakhir kalinya bersama murid muridnya, sebelum akhirnya di serahkan dan diadili. Karena pada tanggal 9 April di Indonesia terjadi wabah Covid 19 atau Corona, dan Pemerintah melakukan Social Distancing untuk memutus mata rantai virus Corona, Paroki Nikodemus Ciputat merayakan Kamis Putih secara streaming, dimana umat bisa ikut merayakan ekaristi dirumah lewat chanel Youtube Komsos Paroki Nikodemus Ciputat. Perayaan ekaristi pada Kamis Putih dipimpin oleh Romo Yus Noron Pr pada pukul 18.00 WIB, dan misa diadakan seperti biasa.  Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, misa Kamis Putih di tahun ini  meniadakan tradisi pembasuhan kaki ke dua belas murid  Yesus yang biasanya dilakukan setiap misa Kamis Putih.

Romo Yus dalam khotbahnya berpesan agar kita sebagai umat Katolik dapat melayani dengan hati, tanpa ada maksud tertentu. Romo Yus juga mengatakan bahwa kita harusnya meneladani Yesus yang selalu rendah hati, dan taat pada perintah BapaNya untuk saling berbagi dan melayani.

Setelah mengadakan misa Kamis putih secara streaming, Komsos Paroki Nikodemus juga melakukan tuguran secara streaming pada pukul 20.00 WIB. Diharapkan dengan adanya misa streaming yang diadakan oleh Komsos Nikodemus, umat tetap bisa beribadah sambil memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19 atau Corona.

(Helena Brilianty)