Menuju Habitus Baru, The New Normal

Pada tanggal 26 Juni 2020, Komunitas Karya Muda Katolik (KKMK) mengadakan acara JUMPALITAN atau Jum’at Petang Latih Iman dan KeTuhan, dan acara ini menghadirkan narasumber Bapak Fidelis Diponegoro yang merupakan alumni PPRA LVI Lemhanas RI. Acara Jumpalitan dimulai pada pukul 21:00 WIB, lalu acara dibuka oleh doa serta kata sambutan dari Romo Reynaldo Antoni Haryanto, Pr.  Dalam sambutannya, Romo Aldo mengatakan bahwa Gereja kini sudah siap untuk memasuki new normal atau era tatanan hidup baru , dimana Gereja nantinya membatasi umat yang hadir serta kebersihan Gereja yang selalu terjaga. 

Setelah kata sambutan dari Romo Aldo, Bapak Fidelis menjelaskan tentang new normal. Menurut Bapak Fidelis, New Normal atau tatanan hidup baru adalah fase dimana kita bisa beraktifitas lagi setelah tiga bulan kita belajar dan bekerja dirumah, namun kita tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker, selalu mencuci tangan dan menjaga jarak (social distancing).  Melanjutkan perkataan Bapak Fidelis, masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan sampai vaksin Covid 19 ditemukan. 

Acara Jumpalitan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama Romo Aldo dan Bapak Fidelis, dan diakhiri dengan doa penutup serta foto bersama. Diharapkan umat Katolik nantinya dapat kembali beribadah di Gereja, dan tetap menjalankan protokol kesehatan. (Helena Brilianty)